Selasa, 17 Februari 2009

Probiotik

Ini merupakan isi dari live healthy dari CNInews volume 22/No.12 Januari 2009.

Mengapa Probiotik Penting ?

“You are what you eat.” Begitu kata para ahli kesehatan. Kesibukan dan mobilitas tinggi yang dialami masyarakat, khususnya perkotaan, berpengaruh pada pola dan jenis makanan yang disantap. Banyak di anataranya lebih mengutamakan segi praktis dan murah.

Setiap makanan yang dikonsumsi, akan dicerna mulai dari lambung dengan bantuan asam lambung lalu diserap ke usus halus dan usus besar. Di usus besar makanan akan diserap dan sisa ampas akan dibuang sebagai tinja. Dalam usus besar, bakteri ‘baik’ seperti Bifidobacteria dan Lactobacillius akan menghambat perkembangan bakteri ‘jahat’ seperti Staphylococcus, Enterococcus, Clostoridium, dan beberapa bakteri coli.

Perubahan keseimbangan antara bakteri ‘baik’ dan ‘jahat’ dalam tubuh akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti kembung, sariawan, sembelit, jamur, diare, dan lainnya. Agar tubuh tetap sehat, bakteri ‘baik’ di upayakan jumlahnya lebih banyak disbanding bakteri ‘jahat’. Sehingga, populasi bakteri yang menguntungkan lebih dominan di banding bakteri yang merugikan. Inilah mekanisme kerja probiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah sesuai akan memberikan dampak positif bagi kesehatan. Setiap orang perlu mengonsumsi probiotik sesuai kebutuhan tubuh. Sumber probiotik bisa diperoleh dari susu fermentasi (yogurt), keju dan susu sapi, jus, susu bubuk bayi, selain itu, suplemen probiotik juga banyak dijumpai dipasaran dalam kemasan tablet, kapsul, maupun cair.
BIOPLUS
BioPlus merupakan satu-satunya produk suplemen probiotik yang mengandung 4 macam bakteri menguntungkan, Ester-C, dan vitmin B1, B2, B6. BioPlus bermanfaat untuk :
- Menjaga keseimbangan flora dalm usus dengan menekan pertumbuhan bakteri merugikan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan.
- Membantu meningkatkan system kekebalan tubuh.
- Mengatur jumlah air dan elektrolit dalam usus.

Cukup konsumsi 1-3 stik per hari untuk orang dewasa dan 1 stik per hari untuk anak-anak di antara waktu makan, akan membantu pencernaan semakin sehat sehingga daya tahan tubuh semakin kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar