Kamis, 21 Mei 2009

Plant Catalyst 2006, meningkatkan produktivitas tanaman
Bagaimana Petani Memilih Pupuk yang benar?


Para petani perlu untuk selalu teliti sebelum membeli, agar mendapatkan pupuk yang berkualitas. Jika cara analisis laboratorium tidak memungkinkan bagi petani, ada tips sederhana dalam memilih pupuk yang baik.

1. Pupuk harus berlabel lengkap.
Pada kemasan tercantum nomor pendaftaran (No Registrasi) Departemen Pertanian dan ada label kandungan hara. Nomor pendaftaran Deptan diperoleh setelah melalui serangkaian uji laboratorium dan uji efektivitas di lapangan oleh lembaga independen yang telah teraktreditasi.

2. Pupuk harus mencantumkan nomor telepon dan alamt yang sebenarnya.
Jaminan ini penting bagi konsumen/petani bila mendapatkan produk yang kualitasnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan maka konsumen dapat mendatangi atau menelepon ke kantornya untuk complain. Jika pupuk tidak mencantumkan label-label tersebut sebaiknya petani jangan membelinya.

3. Tidak over claim.
Beberapa jenis pupuk alternatif tertentu mengklaim bahwa pemberian kurang dari 10 kg atau 10 liter mampu menggantikan 50-100% pupuk dasar (urea,SP-36,KCl atau NPK) dan juga mampu menggantikan hingga 10 ton pupuk kandang.

4. Efektivitas pupuk.
Pupuk efektif bila peningkatan hasil panen di atas biaya tambahan pupuk yang dikeluarkan. Disamping itu, kelestarian tanah tetap terjaga untuk menjaga produktivitas dan panen yang selalu tinggi di masa tanam selanjutnya.


Berikut ini disajikan perbandingan beberapa jenis pupuk yang dapat digunakan sebagai test case memilih pupuk pelengkap yang tepat.

Parameter X Y PS01
Adalah Pupuk Plant Catalyst 2006 catatan
No.
Registrasi Deptan Ada dikemasan Tidak tercantum di kemasan Ada dikemasan No reg diperoleh melewati uji efectivitas oleh lembaga penelitian terakreditasi
Untuk informasi (alamat & no telp) Tidak ada di kemasan Tidak ada dikemasan No telp/alamat ada di kemasan Tanpa alamat/no telp. Menyulitkan petani complain jika kualitas jelek PS01 lebih murah dibandingkan yang lain
Harga (distributor) Rp33.100/100cc Rp90.000/1 L Rp68.200/1,5 kg PS01 lebih murah dibandingkan yang lain
Kebutuhan untuk 1 musim tanam padi (Minimal) 3 liter/ha = Rp993.000 6 liter/ha = Rp540.000 7,5 kg/ha = Rp341.000
Bentuk Cair Cair Tepung Tepung awet & praktis penanganannya, tidak kuatir bocor,tumpah
Kandungan N,P2O5, K2O(sedang),CaO,MgO,SO4 (rendah),kandungan lain tidak disebutkan angkanya:B,Fe,Zn,Mn,Cu,Mo,Co,asam-asam amino,gibbrelin P,K,Fe,Mn,Cu,Zn,C-organik,N (rendah).Bakteri:Lactobacillus,Azospirillum,Azotobacter,Pseudomonas,Mikroba pelarut P&selulolitik P2O5,C-organik,Na(tinggi),N,K,Ca,Mg,S,Fe,Cl,Mn,Cu,Zn,B,Mo,Co Kandungan unsure hara pupuk PS01 lebih lengkap. Hidupnya bakteri/mikroba pupuk TaH s/d makanan habis (ada kadaluarsa).
Klaim Selain untuk tanaman bias juga untuk makanan tambahan ternak 6 liter TsH mampu menggantikan
10ton pupuk
Kandang &menghemat 50% NPK memecah pestisida dg residu 0% Catalyst,
Meningkatkan serapan NPK Alkalis, mengurangi fungisida Overclaim bila 6L bahan mampu menggantikan 10 ton pupuk kandang & 50% NPK

Data table tersebut menunjukkan bahwa Plant Catalyst 2006 unggul dalam hal:

- Legalitas, terdaftar di Departemen Pertanian.
- Jaminan Mutu/Kualitas, layanan cermat selalu siap menjawab telepon konsumen.
- Harga atau biaya pemakaian per hektar lebih murah.
- Bentuk tepung memudahkan dalam handling dan lebih awet dalam penyimpanan.
- Kandungan unsure hara Plant Catalyst 2006 lebih lengkap.
- Tidak over claim.

Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi para petani dan praktisi pertanian. Dengan demikian, para petani selalu teliti sebelum membeli sehingga pupuk yang didapatkannya tepat dan memberi manfaat tinggi bagi peningkatan hasil panen dan kesejahteraan.

Selamat berkarya petani Indonesia!


CNINEWSNOVEMBER2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar