Kamis, 21 Mei 2009

Thalassemia

Thalassemia adalah penyakit genetik/turunan yang menyebabkan usia sel-sel darah merah menjadi lebih pendek. Gen yang rusak adalah gen yang bertugas mengkode hemoglobin, yaitu suatu komponen penting dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen. Sel darah merah menjadi mudah pecah dan kemampuannya dalam mengangkut oksigen menjadi menurun drastis. Akibat penderitannya menderita anemia dan pada beberapa kasus dapat diikuti dengan penyakit-penyakit lain seperti diabetes mellitus, gangguan hati dan kanker.

Sampai saat ini, thalassemia belum ada obatnya,Satu-satunya cara mengurangi jumlah penderita thalassemia adalah melakukan pemeriksaan sedini mungkin. Thalassemia dibagi menjadi dua golongan besar yaitu: Thalassemia mayor dan minor.

Digolongkan thalassemia mayor jika penderitanya sudah menunjukkan gejala,seperti anemia berat. Pada thalassemia minor, penderitanya dapat hidup sehat,namun membawa sifat thalassemia yang dapat diturunkan. Mereka yang tergolong minor dapat melakukan berbagai pencegahan agar anak-anaknya tidak menderita thalassemia. Salah satunya adalah menikah dengan pasangan yang berdarah normal.(tidak membawa gen thalassemia). Pada pasangan yang dua-duanya tergolong thalassemia minor,untuk mencegah kemungkinan melahirkan anak penderita thalassemia mayor dapat dilakukan dengan perencanaan kelahiran yang teliti. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan dokter dan ahli genetika.

Pada kasus ini, kami anjurkan sebaiknya tetap dibawah pengawasan dokter. Makanan kesehatan yang dianjurkan bukan untuk mengobati,tetapi dengan kandungan gizinya dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Makanan kesehatan yang dianjurkan :

Wakasa Gold 3X5ml/hari, dikombinasi dengan Ester-C Plus 2X½ tablet/hari, dan DMG 1X1 tablet/hari. Makanan kesehatan ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

Untuk proses adaptasi, selama 3 hari pertama, konsumsi dimulai dengan anjuran konsumsi 1/2 dari yang dianjurkan. Jika terdapat obat dokter maka berikan jarak 1 jam dengan makanan kesehatan. Makanan kesehatan ini sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum makan.

CNINEWSNOV2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar